Diamond - Rihanna

Selasa, 29 Januari 2013

Etika dalam Public Relations

       Etika berasal dari kata Ethica (Bahasa Yunani), Ethicus (Bahasa Latin) yang berarti kebiasaan, dan Ethics (Bahasa Inggris) yang berarti falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut pandang budaya, susila, dan agama. Dengan demikian menurut pengertian yang asli, yang dikatakan baik itu apabila sesuai dengan kebiasaan masyarakat. Kemudian lambat laun pengertian ini berubah, bahwa etika ini adalah suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik.

      Etika juga disebut ilmu normative, maka dengan sendirinya berisi ketentuan-ketentuan atau norma-norma dan nilai-nilai yang dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Etika merupakan cabang ilmu filsafat, yang mempelajari pandangan-pandangan dan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah kesusilaan dan kadang-kadang orang memakai istilah filsafat etika, filsafat moral, atau filsafat susila.

      Etika tidak membahas keadaan manusia, melainkan membahas bagaimana manusia itu seharusnya bertingkahlaku benar. Etika juga merupaka ilmu tentang nilai yang menitik beratkan pada pencarian dalah dan benar. Etika dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
  1. Etika sebagai ilmu, yang merupakan kumpulan tentang kebijakan, tentang penilaian dari perbuatan seseorang.
  2. Etika dalam arti perbuatan, yaitu perbuatan kebajikan. Misalnya seseorang dikatakan etis apabila orang itu telah berbuat kebajikan.
  3. Etika sebagai filsafat, yang memperlajari pandangan-pandangan, persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah kesusilaan.
         Etika dapat dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan kegunaannya, yaitu etika secara umum dan etika khusus :
  1. Etika secara umum, yaitu etika yang dipergunakan sehari-hari serta ditanamkan oleh keluarga dan lingkungannya,serta 90% berasal dari kepercayaan atau keyakinan yang dianut oleh keluarga dan lingkungannya.
  2. Etika secara khusus, yaitu penjabaran etika secara umum yang disesuaikan dengan bidang pekerjaan.
       Etika harus diberlakukan kepada setiap perilaku, integritas pribadi merupakan bagian utama profesionalisme. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar