Diamond - Rihanna

Selasa, 22 Januari 2013

Table Manner Course " Hotel Santika Jogja "

Table Manner adalah penyelenggaraan banquet dan pengenalan alat-alat makan, etika makan dan pengetahuan menu.

Etika Perjamuan :
Sebagai individu, kita dalam kehidupan sosial bermasyarakat akan selalu mengalami berbagai interaksi sosial. Di dalam menjalani hubungan sosial antara individu dengan individu maupun hubungan antar kelompok terdapat norma-norma yang mempunyai kekuatan saling mengikat.
Beberapa norma yang ada didalam kehidupan masyarakat, yaitu cara, kebiasaan, tata kelakuan dan adat istiadat. Etika termasuk didalam tata kelakuan.

Etika Makan :
Jika kita bicara tentang etika makan, kita tidak lepas dari tata kelakuan kita sendiri didalam menjalankan interaksi sosial. Kapan kita berperan sebagai pelaku utama atau sebagai pelaku penyerta pada waktu kita akan menjamu tamu, keluarga, relasi, kolega dan lain-lain. Demikian kita juga sebaliknya pasti akan menghadiri undangan-undangan jamuan makan dan keluarga, teman, relasi, kolega dan lain-lain.

Pertemuan Dalam Jamuan akan :
1. Memberikan citra umum mengenali keadaan keluarga, usaha atau daerah.
2. Mendapat relasi baru yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk kepentingan suatu usaha. Pada saat ini banyak kontak bisnis yang dilakukan dimeja makan.
3. Memberikan suasana keakraban dalam kepentingan bersama atas suatu masalah.
Mengingat bahwa tata cara makan antara satu daerah dengan daerah lain mempunyai perbedaan, maka ini hanya akan menyesuaikan tata cara secara umum  dan internasional yang akan bisa diterima oleh berbagai macam lapisan masyarakat.

Menghadiri Jamuan Makan :
1. Usahakan datang tepat pada waktunya.
2.Setelah beberapa saat pada sajian minum sebelum makan (coocktail party), biasanya host atau tuan rumah akan menyilahkan masuk ke ruang makan. Sebauknya tamu wanita masuk terlebih dahulu, baru disusul tamu pria.
3. Tuan rumah biasanya akan menunjukkan tempat duduk sesuai rencana yang sudah diatur.
Sebagai tamu sebaiknya kita berdiri dulu dibelakang kursi sebelum dipersilahkan duduk, atau sebelum tamu paling penting (V.I.P) duduk. Duduk dilakukan dari sebelah kiri, biasanya mendudukkan akan dilakukan oleh petugas hotel, bila jamuan dilaksanakan di hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar