Diamond - Rihanna

Selasa, 29 Januari 2013

Sejarah Public Relations

     Public Relations merupakan suatu bidang baru yang muncul beberapa tahun yang lalu, sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua. Amerika Serikat memang menciptakan banyak hal yang hebat mulai dari Mickey Mouse, Disneyland, Coca Cola sampai dengan Hollywood dengan pengaruh film-film hebatnya yang mendunia, akan tetapi Amerika tidak pernah menciptakan Public Relations. Bahkan lama sebelum Benua Amerika sendiri diketemukan, public relation sudah lebih dulu ada.

     Istilah Public Relation / Humas muncul di Amerika sebagai perekat hubungan dalam kehidupan yang digunakan oleh Will Blackstone pada tahun 1765. Jefferson menggunakan istilah itu pada tahun 1807 untuk menyatakan hubungan kemasyarakatan dalam ketatanegaraan. Selanjutnya sekitar abad XX muncul beberapa biro penasehat public relations yang mandiri.

     Pada tahun 1960-an terjadi perubahan suasana dalam masyarakat. Semua orang ingin didengar pendapatnya. Semua menuntut persamaan hak dan demikrasi menuntut partisipasi dan keterbukaan di semua bidang dan lingkungan. Dalam menghadapi kelompok pendobrak, maka dalam suatu organisasi diperlukan peran public relations atau humas. Perubahan semua bidang berlangsung begitu cepat dan mempengaruhi oraganisasi secara internal maupun eksternal, public relations atau humas harus secepatnya menyesuaikan diri secara tepat dalam memberikan arah menuju sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi.

     Sejak tahun 1970-an, berkembanglah suasana keterbukaan, tidak hanya dibidang usaha tetapi juga dibidang pemerintahan. Semua warga masyarakat berhak memperoleh informasi yang benar dan lengkap, disamping itu berhak untuk mengevaluasi dan menanggapi berbagai informasi yang ada. Ini semua makin melengkapi tugas bidang public relations atau humas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar